Entri Populer

Selasa, 14 Agustus 2012

Manfaat Biologi pada Bidang Pertanian mengenai kultur Jaringan


Manfaat Biologi pada Bidang Pertanian mengenai kultur Jaringan
Kultur jaringan adalah suatu metode untuk mengisolasi bagian dari tanaman seperti sekelompok sel atau jaringan yang ditumbuhkan dengan kondisi aseptik, sehingga bagian tanaman tersebut dapat memperbanyak diri tumbuh menjadi tanaman lengkap kembali .

Teknik kultur jaringan memanfaatkan prinsip perbanyakan tumbuhan secara vegetatif. Berbeda dari teknik perbanyakan tumbuhan secara konvensional, teknik kultur jaringan dilakukan dalam kondisi aseptik di dalam botol kultur dengan medium dan kondisi tertentu. Karena itu teknik ini sering kali disebut kultur in vitro. Dikatakan in vitro (bahasa Latin), berarti "di dalam kaca" karena jaringan tersebut dibiakkan di dalam botol kultur dengan medium dan kondisi tertentu. Teori dasar dari kultur in vitro ini adalah Totipotensi. Teori ini mempercayai bahwa setiap bagian tanaman dapat berkembang biak karena seluruh bagian tanaman terdiri atas jaringan-jaringan hidup. Oleh karena itu, semua organisme baru yang berhasil ditumbuhkan akan memiliki sifat yang sama persis dengan induknya.

Pengetahuan mengenai Kultur Jaringan dimanfaat kan dalam bidang pertanian untuk memperoleh tanaman yang banyak dalam waktu yang singkat . Pemanfaatan Kultur Jaringan dapat memberi keuntungan dalam bidang Pertanian yang memudahkan petani untuk mendapatkan hasil yang memiliki sifat yang sama persis dengan induknya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar